IT Service Management (ITSM)

IT Service Management (ITSM) suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.


Tujuan utama ITSM adalah untuk menyelaraskan TI dengan kebutuhan bisnis dengan mengubah TI dari tim pemadam kebakaran menjadi penyedia layanan internal.

manfaat IT ITSM dan Bisnis ITSM :

  • Ini membantu dalam menetapkan harapan dan standar layanan.
  • Ini membantu dalam mengukur kinerja.
  • Ini membantu untuk melakukan analisis akar masalah masalah berulang.
  • Memastikan layanan TI tersedia untuk operasi yang penting bagi bisnis.
  • Memastikan visibilitas layanan yang tersedia bagi karyawan.
  • Promosikan swalayan di antara karyawan yang berarti penghematan biaya untuk bisnis.

ITSM mempunyai proses utama, berikut proses utama dari ITSM :

Manajemen Masalah: Memungkinkan organisasi untuk melakukan analisis akar penyebab satu atau lebih insiden serupa.

Manajemen Aset: Memberikan visibilitas lengkap atas semua aset TI organisasi.

Manajemen Perubahan: Memberikan model perubahan untuk melakukan perubahan besar dalam infrastruktur TI.

Manajemen Insiden: Memungkinkan organisasi untuk menangkap respons awal terhadap suatu insiden atau permintaan layanan oleh pelanggan.

Manajemen Ketersediaan: Membantu organisasi untuk mengoptimalkan kemampuan layanan TI-nya.

Service level: Membantu mempertahankan tingkat komitmen tertentu ketika memberikan layanan TI.

Manajemen Proyek: Membantu melakukan penambahan baru pada infrastruktur TI secara tertib.

Manajemen Pengetahuan: Membantu organisasi untuk membuat gudang solusi untuk masalah yang diketahui.

Perbedaan antara ITSM dan ITIL?

Meskipun mereka kadang-kadang digunakan secara bergantian, kedua istilah ini tidak sama tetapi saling terkait.

ITIL adalah kerangka kerja yang memberi tahu cara menerapkan ITSM dengan cara sebaik mungkin.

Tidak seperti ITIL, ITSM fokus pada pengalaman pemberian layanan, yang tidak teknis.

REFRENSI :

1. https://www.motadata.com/id/blog/what-is-itsm/#:~:text=ITSM%20mengacu%20pada%20serangkaian%20proses,kebakaran%20menjadi%20penyedia%20layanan%20internal.

2. http://ahmad_hidayat.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.22

3. https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenali Tableu Platform Business Intelligence

PASAL-PASAL UUD 1945 TENTANG HAM

Urbanisasi